Selasa, 12 September 2017

AKREDITASI 2016/2017 SDN PATUK II

Akreditasi merupakan kegiatan yang dilaksanakan 5 tahun sekali, yang kebetulan pada tahun ini jatuh pada giliran SDN Patuk II 

Tujuan utama Akreditasi Sekolah 
  1. Sebagai informasi tentang kelayakan Sekolah atau program tertentu yang dilaksanakanya berdasarkan Standar Nasional Pendidikan (SNP) seta Memberikan pengakuan peringkat kelayakan kepada sekolah atau program tersebut.
  2. Guna pemetakan mutu dari suatu pendidikan berdasarkan SNP sebagai bentuk  pertanggungjawaban kepada Stakeolder sebagai bentuk akuntabilitas .


Manfaat Hasil Akreditasi Sekolah
  1. Sebagai dasar dalam upaya peningkatan mutu dan rencana pengembangan sekolah dan Akreditasi juga bermanfaat sebagai umpan balik dalam usaha pemberdayaan dan pengembangan kinerja warga sekolah dalam rangka penerapan visi, misi, tujuan, sasaran, strategi, dan program sekolah.
  2. Sebagai motivatasi agar Sekolah terus meningkatkan mutu pendidikan secara bertahap, terencana, dan kompetitif baik di tingkat kabupaten / kota, provinsi, nasional, bahkan internasional.
  3. Hasil dari akreditasi tersebut berguna sebagai bahan BAN S/M guna mendapatkan dukungan dari pemerintah, masyarakat, maupun sektor swasta dalam profesionalisme, moral, tenaga, dan dana serta sebagai dasat bagi lembaga terkait dalam mempertimbangkan kewenangan sekolah.madrasah sebagai penyelenggara ujian nasional.
  4. Pencapaian SNP, dan dasar pertimbangan dalam menyusun kebijakan peningkatan mutu pendidikan nasional.
  5. Hasil akreditasi juga bermanfaat bagi penyeleggaran pendidikan; bahan pertimbangan dalam menyusun kebijakan peningkatan mutu pendidikan nasional.
  6. Masyarakat/orang tua peserta didik; informasi tentang mutu satuan pendidikan dan pertimbangan dalam memilih layanan pendidikan.
  7. Sekolah / Madrasah; informasi tentang pencapaian mutu Sekolah/Madrasah sebagai dasar peningkatan mutu.
  8. Hasil akreditasi bermanfaat bagi Peserta Didik; pertimbangan dalam melanjutkan studi, mutasi sekolah/madrasah, dan karir dalam dunia kerja.
Berikut sekolah gambaran tentang akteditasi di SDN Patuk II


Gb 1. Saat -saat kedatangan tim ascesor di SDN Patuk II

Gb 2. Ascessor 1


Gb 3. Ascessor 2


 Gb 4. Sesi perkenalan dan koordinasi pelaksanaan


 Gb 5. Menunggu giliran untuk diperiksa


 Gb 6. Menunggu giliran di periksa


 Gb 7. Suasana pemeriksaan masing- masing standart di periksa dengan teliti 


Gb 8. Mendengarkan pesan dan kesan dari Tim Ascessor setelah pemeriksaan selesai semua 
standar selesai dengan seksama 

 
Gb 9. Foto bersama sebelum kembali ke tempat kerja guna melaporkan hasil pemeriksaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar